Ujian Karya Tulis Bahasa Arab Santri Niha’i Ponpes Islam Al Muttaqin

2 minutes reading
Friday, 22 Oct 2021 23:19 0 391 admin

 

Ujian karya tulis bahasa Arab merupakan kegiatan wajib santri niha’i (kelas 6 TMI). Mereka mendapatkan bimbingan dalam penulisan karya tulis bahasa Arab ini, mulai dari tatacara penulisan, tatacara merangkai kalimat yang benar, pengambilan refresi dll.

Setiap santri mendapatkan tema pembahasan masing-masing, baik fiqih, aqidah, bahasa, sejarah maupun akhlak. Setelah mereka mendapatkan tema tiba saatnya mereka menetukan judul pembahasan yang sesuai dengan temannya, kemudian mereka menulis karya mereka dengan penuh bimbingan oleh musyrif (ustadz pembimbing).

Setelah mereka menulis karya mereka, hingga dikoreksi oleh pembimbing mereka, tiba saatnya mereka diuji oleh ustadz yang lain (bukan pembimbingnya). Mereka diminta mempresentasikan apa yang mereka tulis.

Setelah mereka mempresentasikan apa yang mereka tulis tiba saatnya mereka diuji satu persatu dari karya mereka, baik dari cara membaca dan menerjemahkan yang benar, menjelaskan qoidah nahwu maupun shorof dari setiap kalimat, pemahaman terhadap karya tulis mereka dan hal-hal yang lain yang berkaitan dengan karya tulis mereka. Pengalaman ini memang sangat berkesan bagi setiap santri, mengingat penulisan karya tulis ini sebagai syarat bagi mereka mengikuti ujian semester gasal nanti.

Dengan adanya penulisan karya tulis ini menjadikan mereka memperbanyak membaca buku berbahasa Arab. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadikan mereka bertambah wawasan keilmuan mereka dan bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories