Halaqoh Tahfidz Pondok Pesantren Islam Al Muttaqin

2 minutes reading
Sunday, 17 Oct 2021 15:16 0 334 admin

Pondok pesantren Islam Al Muttaqin dalam membina dan mendidik santri-santri dengan memberikan pelajaran baik di dalam kelas maupun di luar, salah satunya dengan kegiatan halaqoh tahfidz. Sebagaimana pondok pesantren pada umumnya, Pondok pesantren Islam Al Muttaqin juga memiliki kegiatan halaqoh tahfidz agar santri memiliki hafalan Al Qur’an.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Ahad, Selasa dan Rabu. Setiap hari Ahad dan Selasa pagi setelah sholat subuh santri wajib menyetorkan hafalan mereka kepada musyrif (pengampuh) tahfidz mereka minimal satu muka disetiap pertemuan, di hari Rabu mereka memurajaah (mengulang) hafalan selama 1 minggu kepada musyrif mereka agar hafalan mereka tetap terjaga.

Setelah sholat subuh di hari-hari tersebut santri membuat halaqoh (lingkaran) bersama musyrif tahfidznya. Kegiatan ini dimulai setelah sholat subuh sampai jam 06:00 WIB.
Adapun target hafalan mereka sebagai berikut:
Kelas 1 juz 30
Kelas 2 juz 29
Kelas 3 juz 28 dan 27
Kelas 4 juz 1dan 2
Kelas 5 juz 3 dan 4
Kelas 6 surat Al Anfal dan At-Taubah dan 2 juz selain juz 30
Kelas takhasus juz 30 dan 1
Jumlah hafalan santri di atas tidak begitu sedikit mengingat santri juga memiliki tanggungan hafalan yang lain baik menghafalkan mufrodat (kosa kata) matan (qoidah ilmu) maupun hadist. Bagi santri yang mampu menyelesaikan hafalannya lebih awal dan sudah memurajaah hafalan sekali duduk bersama musyrifnya bisa melanjutkan ke juz selanjutnya.

Para santri dan musyrif tahfidz sangat berantusias dalam kegiatan ini, terlihat saat mereka berusaha menghafal dan tidak tidur di waktu tersebut. semoga dengan kegiatan ini mampu mewujudkan generasi penghafal Al Qur’an dan hafalan yang mereka miliki dapat memberikan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. آمين

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories