Pelantikan OPPPIM Tadribiyah Dan Mudabbir Hujroh Ponpes Islam Al Muttaqin

2 minutes reading
Friday, 22 Oct 2021 02:25 0 279 admin

 

OPPPIM (Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Islam Al Muttaqin) Tadribiyah (pelatihan) merupakan ajang latihan bagi santri kelas 5 TMI untuk menjadi anggota OPPPIM. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai pembinaan calon OPPPIM baru nantinya. Dengan adanya latihan ini menjadikan mereka lebih dewasa dan bertanggung jawab dalam setiap amanah yang mereka terimah.

Pelatihan ini dibagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian ketertiban, bagian dakwah, bagian bahasa, bagian dapur, bagian kebersihan dan bagian yang lainnya. Setiap bagian memiliki satu ketua untuk mengkoordinasi setiap anggotanya agar mampu menjalankan tugas dan amanah dengan baik dan benar.

Adanya pelatihan ini tidak lepas dari bimbingan  OPPPIM kelas 6 TMI secara langsung dan mendapatkan pengawasan dari ustadz bagian tersebut. Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 minggu, dengan waktu 3 minggu tersebut diharapkan mampu melahirkan kader-kader anggota OPPPIM yang yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

Selain pelantikan anggota OPPPIM Tadribiyah bagian kesantrian juga melantik Mudabbir (pengurus) hujroh (kamar) mengingat Mudabbir hujroh sebelumnya telah mengikuti pelatihan OPPPIM sehingga adik kelasnya (kelas 4 TMI yang memiliki kemampuan lebih dalam kepengasuhan) yang menggantikan tugas mereka. Mudabbir hujroh terdiri dari 4 anggota, mereka membimbing santri satu kamar yang berjumlah 15 santri, santri yang mereka bimbing dari kelas 1-4 TMI & takhasus.

Dengan adanya mudabbir kamar ini membantu ustadz musyrif (pengurus) kamar dalam membimbing santri selama 24 jam, mengingat setiap asatidz mendapatkan amanah yang lain dan disibukkan dengan mengajar santri di kelas. Semoga dengan adanya program ini menjadikan mereka lebih dewasa dalam segala hal dan mampu melatih jiwa kepemimpinan yang adil.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories