Bimbingan Pemanfaatan Tumbuh-Tumbuhan Alami Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Alternatif

1 minutes reading
Wednesday, 19 Jan 2022 22:24 0 310 admin

Pondok pesantren Islam Al Muttaqin mendapatkan kunjungan dari Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pemberdayaan Lingkungan dalam rangka memberikan edukasi pemanfaatan tanaman di sekeliling kita sebagai tanaman obat keluarga (TOGA). Dengan adanya edukasi ini diharapkan santri mampu memanfaatkan tanaman di sekitar tempat tinggal sebagai obat, sehingga mampu mengurangi ketergantungan menggunakan obat kimia.


Pemanfaatan tanaman sebagai obat merupakan trobosan yang sangat baik, karena tanpa efek samping sehingga lebih aman dikonsumsi setiap hari, baik untuk pengobatan maupun pencegahan. Tidak hanya memanfaatkan tumbuhan saja, beliau Drs. H. Djumaidi, Apt juga mengajarkan terapi ringan apabila tubuh kita mengalami sakit, baik sakit demam, pusing, mual dll.
Para santri sangat berantusias dalam acara tersebut, mereka mendengarkan dengan seksama dan menyampaikan beberapa pertanyaan tentang pemanfaatan tumbuhan yang ada di sekelilingnya dan cara pengobatan alternatif. Semoga dengan apa yang beliau sampaikan menjadikan kita lebih baik lagi dalam pemanfaatan tumbuhan sebagai obat.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories